Bangga! Anak Muda Papua dari PYCH Rakit Smartphone dan Laptop

Dok. PYCH

Dok. PYCH

TIROE, Jakarta — Persatuan anak muda di Papua Youth Creative Hub (PYCH) merakit smartphone dan laptop dengan merek TOP.ID.

Program Manager Bidang Teknologi Papua Muda Inspiratif (PMI) Elia Musa Rawar menjelaskan, TOP.ID adalah singkatan dari Torang Papua Indonesia.

“Ini merek smartphone dan laptop pertama buatan anak Papua,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Papua Muda Inspiratif (PMI) merupakan organisasi pemuda Papua binaan Badan Intelijen Negara (BIN).

Ia menjelaskan, perakit produk tersebut adalah anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jayapura.

“Sehari-hari mereka memang berbakat dalam bidang elektronik dan komputer. Kami berikan mereka pelatihan bagaimana merakit ponsel dari nol hingga digunakan layaknya sebuah ponsel baru,” jelasnya.

Baca juga : Kreatif! Toko Roti di Magelang Bikin Promosi bak Caleg

Elmus menuturkan saat ini pihaknya tengah berusaha mendaftarkan merek TOP.ID sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Peluncuran brand TOP.ID sendiri akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo saat ia datang ke Papua. Hal ini juga bertepatan dengan peresmian gedung Papua Youth Creative Hub sebagai wadah anak muda Papua berkreasi.

“Sejauh ini kami dalam tahap uji coba, ada ratusan unit ponsel yang sudah kami rakit. Setelah itu kami akan buat promosi dan mulai menjualnya setelah peluncuran nanti,” jelasnya.

Pria yang mengambil program sarjana di Shenyang Aerospace University di China dan program magister di Portland State University di USA itu berkomitmen akan mengedarkan TOP.ID setelah berhasil diluncurkan.

Baca juga : KREATIF! Berikan Pendidikan Karakter Siswa Lewat Dodolan

Dengan bantuan pelatihan dari PYCH, Elmus berharap anak muda Papua mampu menambah wawasan dan ketrampilannya untuk bisa berinovasi dan menciptakan lapangan pekerjaan di bidang reparasi alat dan komputer.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada Bapak Jokowi dan Kepala BIN Bapak Budi Gunawan atas semua kesempatan, semua fasilitas, dan semua hal yang bapak buat untuk anak-anak Papua agar dapat berkreatif, dan dapat mendapatkan fasilitas yang begitu hebat”, katanya.

Smartphone TOP.ID dirancang menggunakan model M13 dengan RAM 12 GB dan ROM 512 GB. TOP.ID juga menggunakan Android versi 11.0 dengan resolusi 1440×3040.

Sementara untuk laptop TOP.ID memiliki total memori 8.192 MB dan kecepatan baca hingga 2.133 MHz.

Baca juga : ISI Pamerkan Karya Seni Kreatif Lewat NFT

Exit mobile version