Kreatif! Toko Roti di Magelang Bikin Promosi bak Caleg

Iklan roti di Magelang bak caleg (Foto: dok. Tangkapan layar TikTok Renata Hollys Marlina)

Iklan roti di Magelang bak caleg (Foto: dok. Tangkapan layar TikTok Renata Hollys Marlina)

TIROE – Wanita asal Kota Magelang, Jawa Tengah, Renata Hollys Marlina (47 tahun), tengah viral di media sosial lantaran mempromosikan produk roti buatannya ala bak caleg.

Penjualan roti Renata dipromosikan melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok. Sekilas, promosi yang dibuat Renata terlihat seperti banner caleg.

Adapun materi dalam promosi ini pada bagian kiri atas ada tulisan DPR RI dengan angka 15 di sisi kanannya. Namun, DPR RI singkatan dari Dewan Perwakilan Roti Rakyat Indonesia.

Dalam promo tersebut, Renata mengenakan kebaya dan konde serta tersenyum semringah. Di atas foto itu tertulis “Tenang!!! Saya Bukan Caleg” dan di sebelah kanan gambar itu tertulis “Mohon Doa Ordernya” dengan aneka pilihan menu roti buatannya.

Baca juga : DPRD Samarinda Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif

Renata pun memperkenalkan dirinya sebagai Renata Hollys Marlina, pemilik Roti Mlenuk. Aneka roti yang ditawarkan Renata yaitu roti manis macam rasa, roti gembong macam rasa, roti cocol, roti burger, gedang goleng, es coklat dan melayani pesanan partai besar. Pada bagian akhir disertakan nomor telepon dan WhatsApp.

Renata mengaku sempat ditegur anaknya saat membuat iklan promosi roti mirip caleg itu. Iklan promosi roti buatannya itu bahkan sempat membuat pembacanya kecewa.

“Saya kan memang sering bikin-bikin Canva, terus DPR RI, Dewan Perwakilan Roti Rakyat Indonesia gitu kan. Ini bagus nggak, anak saya bilang ibu jangan malu-maluin terus ini kan cuma buat main-mainan aja karena itu TikTok,” kata Renata kepada wartawan saat ditemui di rumahnya Legok, Cacaban, Kecamatan Magelang, Kota Magelang, Senin (13/2/2023).

“Terus saya buat DPR RI, Dewan Perwakilan Roti Rakyat Indonesia, terus ada keterangannya. Memang sekilas saya upload banyak yang ngira mau nyaleg, setelah ada tulisan tenang saya bukan caleg, ternyata ada pilihan roti yang saya jual pada komen,” sambung ibu satu anak ini.

Baca juga : KREATIF! Berikan Pendidikan Karakter Siswa Lewat Dodolan

Renata menjual roti buatannya mulai dari Rp 9.000 hingga Rp 20.000. Kembali ke promosi ala bak caleg itu, Renata membuat iklan promosi pada Jumat (10/2) malam dan mengunggahnya pada Sabtu (11/2) pagi. Lalu dia membuat roti dan baru kembali mengecek akun media sosialnya setelah selesai membuat roti.

“Nyambi mau bikin roti saya upload ternyata ramai, banyak yang komen. Ada yang komen, mbak dapat ide dari mana, hanya iseng-iseng aja karena banyak iklan-iklan biasa,” tuturnya.

“Buat Jumat, upload Sabtu pagi. Terus saya nggak sempat buka-buka, baru ketika sudah santai bikin roti, jam 12.00 WIB, jam 13.00 WIB, ternyata yang komen lumayan banyak. Di TikTok lihat cuma 400, 600, kemarin udah 1.003,” ujarnya.

Renata mengaku senang dengan promosi tersebut, karena terjadi sebelum pemilu 2024, dan ternyata idenya membuat bakery miliknya semakin terkenal.

“Iklan cuma mencoba karena banyak isu-isu ke 2024, siapa mau nyaleg, siapa mau pilpres. Kalau kita buat ide iklan dengan draft seperti pencalegan ketoke asyik, ketoke keren, udah saya upload,” pungkas Renata.

Baca juga : ISI Pamerkan Karya Seni Kreatif Lewat NFT

Exit mobile version