Indonesia Kirim 35 Atlet ke Paralimpiade Paris 2024, Targetkan Emas di Bulu Tangkis

Atlet Indonesia di Paralympic Paris 2024

Atlet Indonesia di Paralympic Paris 2024

Tiroe.com – Sebanyak 35 atlet terbaik akan dikirim Indonesia untuk mengikuti Paralimpiade Paris 2024.

Adapun Paralimpiade Paris 2024 sendiri mulai digelar mulai hari ini, Rabu, 28 Agusus 2024 dan akan berakhir pada 9 September 2024 mendatang. 

Sebagai informasi, Paralimpade sendiri merupakan ajang olahraga internasional yang khusus diikuti oleh atlet penyandang disabilitas.

Kompetisi olahraga ini berbeda dengan Olimpiade, di mana lebih dari 4.000 atlet dari seluruh dunia akan bersaing memperebutkan 549 medali yang diperebutkan dalam 22 cabang olahraga.

 Indonesia sendiri diketahui juga mengirimkan atlet-atlet terbaiknya ke ajang olahraga ini. Adapun sebanyak 35 atlet Indonesia dikoformasi ikut bertarung dalam Paralimpiade telah berangkat menuju Paris, Prancis, pada Kamis, 15 Agustus 2024 lalu.

Mereka nantinya akan berjuang di sepuluh cabang olahraga, sebuah prestasi yang membanggakan karena melebihi target awal dari National Paralympic Committee (NPC) Indonesia yang hanya 28 atlet.

Keikutsertaan Indonesia kali ini juga lebih besar dibandingkan dengan Paralimpiade Tokyo 2020, di mana hanya 23 atlet dari tujuh cabang olahraga yang berpartisipasi.

Di Paralimpiade Tokyo 2020, Indonesia berhasil meraih prestasi gemilang, terutama di cabang bulu tangkis, dengan perolehan medali emas dari kategori ganda putri dan ganda campuran.

Selain itu, cabang olahraga lain seperti tenis meja, angkat berat, dan atletik juga menyumbangkan medali perak dan perunggu. Untuk Paralimpiade Paris 2024 ini, NPC Indonesia menargetkan perolehan 1 emas, 2 perak, dan 3 perunggu.

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal NPC Indonesia, Rima Ferdianto, harapan besar untuk meraih emas ada pada cabang bulu tangkis, khususnya dari pasangan Leani-Ratri Oktilia dan Hikmat Ramadani.

Rima optimis bahwa mereka memiliki peluang besar, mencapai 99 persen untuk membawa pulang medali emas, asalkan tidak ada cedera atau halangan lainnya yang menghambat.

Dengan persiapan yang matang dan semangat juang tinggi, Indonesia siap memberikan yang terbaik di Paralimpiade Paris 2024. Semua harapan kini tertuju pada para atlet yang akan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Adapun berikut daftar 35 atlet Indonesia yang siap bertarung meraih medail emas di Paralimpiade Paris 2024: 

1. Para atletik

– Fauzi Purwo Laksono

– Kharisma Evi Tiarani

– Saptoyogo Purnomo

– Ni Made Arianti Putri

– Partin

2. Para menembak

– Bolo Triyanto

3. Boccia

– Felix Ardi Yudha

– Gischa Zayana

– Muhammad Afrizal Syafa

– M. Bintang Satria Herlangga

4. Judo tunanetra

– Junaedi

– Tony Ricardo Mantolas

– Roma Siska Tampubolon

5. Para Angkat Berat

– Sriyanti

– Siti Mahmudah

– Ni Nengah Widiasih

6. Para Balap Sepeda

– Muhammad Fadli Imammudin

7. Para Bulu Tangkis

Fredy Setiawan

Hikmat Ramdani

Rina Marlina

Subhan

Dheva Anrimusthi

Qonitah Ikhtiar Syakuroh

Leani Ratri Oktila

Khalimatus Sa’diyah

Suryo Nugroho

8. Para Panahan

Ken Swagumilang

Teodora Audi Ferelly Ayudia

Wahyu Retno Wulandari

Setiawan

Kholidin

9.  Para Tenis Meja

Leli Marlina

10.  Para Renang

Maulana Rifky Yavianda

Syuci Indriani

Jendi Pangabean

Baca Juga: Kapolri: Hari Juang Polri, Pilar Penguatan Sejarah dan Dedikasi

 
Exit mobile version