Raih Perunggu di Olimpiade Paris 2024, Gregoria Mariska Ngaku Bingung

Gregoria Mariska Tunjung

Gregoria Mariska Tunjung

Tiroe.com – Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, meraih medali perunggu di Olimpiade Paris 2024 setelah salah satu semifinalis, Carolina Marin, memutuskan mundur karena cedera.

Awalnya, Gregoria dijadwalkan bermain untuk memperebutkan medali perunggu pada Senin (5/8), setelah kalah dari pemain nomor satu dunia, An Se-young, dengan skor 21-13, 11-21, 16-21 di semifinal yang berlangsung di Port de la Chapelle Arena, Paris, Minggu (04/08).

Gregoria seharusnya menghadapi pemenang antara Carolina Marin dari Spanyol dan He Bingjiao dari China.

Namun, Marin terpaksa mundur setelah mengalami cedera saat unggul 21-14, 10-8 atas He, sehingga Gregoria secara otomatis mendapatkan medali perunggu tanpa harus bertanding.

“Saat itu, aku sedang melakukan peregangan dan mendengar Marin jatuh. Aku tidak sempat melihat keputusan akhirnya karena ada tes. Ternyata, Marin dinyatakan mundur,” ungkap Gregoria melalui keterangan resmi seperti dikutip dari Antara, Senin (05/08).

“Aku merasa bingung, tidak bisa senang atas penderitaan orang lain. Ini musibah untuk Marin. Aku bersyukur atas medali ini, tapi tidak bisa merasa bahagia sepenuhnya,” lanjutnya.

Medali ini merupakan yang pertama bagi Indonesia di Olimpiade Paris 2024 dan juga medali pertama bagi tunggal putri Indonesia sejak Maria Kristin meraih perunggu di Olimpiade Beijing 2008.

Prestasi ini juga melanjutkan tradisi tunggal putri Indonesia yang selalu membawa pulang medali setiap kali berhasil mencapai semifinal.

“Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas medali ini. Setelah sekian lama, akhirnya kita bisa mendapatkan medali di tunggal putri. Ini juga berkat tim yang solid dan kompeten,” ujar pelatih tunggal putri, Herli Djaenudin.

“Target kami memang medali, dan ini adalah pembuktian bagi Gregoria,” tambahnya.

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari, dan Chef de Mission (CdM), Anindya Bakrie, mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian medali pertama Tim Indonesia di Olimpiade Paris.

“Alhamdulillah, BWF telah mengumumkan secara resmi bahwa Gregoria Mariska meraih medali perunggu tunggal putri Olimpiade Paris 2024,” kata Raja Sapta Oktohari. “Perjuangan Gregoria luar biasa dan medali ini adalah hasil dari kerja kerasnya,” tambahnya.

“Semoga Marin lekas pulih. Perjuangan Gregoria sangat luar biasa dan menjadi inspirasi bagi semua atlet. Ini adalah kebanggaan bagi kita semua,” kata CdM Anindya Bakrie.

Baca Juga: Gregoria Mariska Jaga Harapan Indonesia dengan Kemenangan Dramatis di Olimpiade Paris 2024

 
Exit mobile version