4 Jenderal Polri Ikuti Seleksi Pimpinan KPK, Ini Profilnya!

4 Jenderal Polisi ikut seleksi calon pimpinan KPK

4 Jenderal Polisi ikut seleksi calon pimpinan KPK

Tiroe.com – Polri mengutus empat perwira tinggi untuk mengikuti seleksi Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Keempat perwira yang diutus ini memiliki pangkat dari Inspektur Jenderal (Irjen) hingga Komisaris Jenderal (Komjen).

Diutusnya ke-empat perwirta tinggi polri untuk mengikuti seleksi pimpinan KPK tersebut, juga sudah dibenarkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Trunoyudo Wisnu Andiko.

“Polri telah mengajukan beberapa nama yang telah melewati seleksi dan memenuhi persyaratan,” ungkap Karopenmas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko seperti dikutip pada Jumat (19/07).

Perlu diketahui , bahwa ke-empat perwira tinggi yang diutus Polri untuk mengikuti seleksi Capim KPK diantaranya ada Komisaris Jenderal Setyo Budiyanto, Komisaris Jenderal Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak, Inspektur Jenderal Djoko Poerwanto, dan Inspektur Jenderal Didik Agung Widjanarko.

Adapun ini profil dari empat calon yang diutus Polri untuk mengikuti seleksi Capim KPK: 

1. Komisaris Jenderal Setyo Budiyanto

Komisaris Jenderal Polisi (Komjen) Setyo Budiyanto saat ini menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian (Itjen Kementan).

Berdasarkan laman Itjen Pertanian, Setyo Budiyanto mendapatkan pangkat Komjen pada 27 Maret 2024, setelah dilantik sebagai Itjen Kementan pada 22 Maret 2024.

Setyo merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1989 dan memiliki pengalaman luas di bidang reserse. Beberapa jabatan strategis yang pernah dipegangnya antara lain Direktur Penyidikan KPK, Kapolda Nusa Tenggara Timur, dan Kapolda Sulawesi Utara.

2. Komisaris Jenderal Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak

Komjen Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak, atau yang lebih dikenal dengan nama Panca, adalah lulusan Akademi Kepolisian tahun 1990.

Ia berpengalaman dalam bidang reserse dan saat ini menjabat sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional.

Sebelumnya, Panca pernah menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara (Sumut), meskipun pada 2023, kinerjanya mendapat kritik dari Anggota DPR RI Dapil III Sumut, Junimart Girsang, karena banyaknya kasus hukum yang melibatkan oknum polisi di Sumut.

Posisi strategis lain yang pernah dipegang Panca antara lain adalah Kapolda Sulawesi Utara, Direktur Penyidikan KPK, Wadirtipidum Bareskrim Polri, dan Dosen Utama di STIK Lemdikpol.

3. Inspektur Jenderal Djoko Poerwanto

Irjen Djoko Poerwanto saat ini menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah sejak 14 Oktober 2023. Jenderal bintang dua yang akrab dipanggil Djoko ini lahir pada 7 November 1967 di Pekalongan, Jawa Timur, dan lulus dari Akademi Kepolisian pada tahun 1989.

Sebelum bertugas di Kalimantan Tengah, Djoko menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat. Posisi lain yang pernah diembannya termasuk Dirtipidkor Bareskrim Polri, Wadirtipdkor Bareskrim Polri, dan Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri.

4. Inspektur Jenderal Didik Agung Widjanarko

Irjen Didik Agung Widjanarko saat ini menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK. Sebelumnya, Didik adalah Direktur Koordinasi dan Supervisi I KPK dan pada Februari 2022 mengikuti seleksi jabatan pimpinan tinggi madya-pratama KPK.

Setelah melalui berbagai tahapan seleksi, Didik dilantik untuk posisinya saat ini pada 8 Juli 2022 di Gedung Juang Merah Putih KPK, Jakarta.

Mabes Polri telah mencalonkan nama-nama ini setelah melalui proses seleksi ketat dan memastikan bahwa mereka memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi Calon Pimpinan KPK.

Pengumuman ini dilakukan oleh Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko di Mabes Polri, Selasa (16/7), yang menyatakan bahwa mereka adalah personel terbaik di Polri.

Sampai pendaftaran ditutup pada Senin, 15 Juli 2024, total ada 525 orang yang mendaftar sebagai calon pimpinan KPK dan calon Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Dari jumlah tersebut, 318 adalah calon Dewas dan 207 lainnya calon pimpinan KPK.

Baca Juga: Timnas Indonesia Alami Kenaikan di Peringkat FIFA, Siapkan Diri untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

 
Exit mobile version