Timnas Indonesia U-16 Lolos ke Semifinal Piala AFF U-16 Usai Tekuk Laos 6-1

Indonesia maju semifinal Piala AFF U-16

Indonesia maju semifinal Piala AFF U-16

Tiroe.com – Timnas Indonesia U-16 sukses melaju ke semifinal Piala AFF U-16 setelah mengalahkan Laos dengan skor mencolok 6-1 pada pertandingan penentuan juara Grup A di Stadion Manahan, Solo, Kamis malam.

Meski sempat tertinggal terlebih dahulu melalui gol Phayal Shipanom di menit ke-5, Indonesia bangkit dan membalas dengan enam gol yang tercipta masing-masing dari Zahaby Gholy (23′), Tristan Raissa Ibrahim (29′), Josh Holong (38′, 60′), Putu Panji (45+3′), dan Mierza Firjatullah (79′).

Gol cepat Laos datang dari tendangan penalti yang dieksekusi dengan baik oleh Phayal Shipanom, membuat tim asuhan Nova Arianto tertinggal 0-1. Namun, Laos hampir menambah keunggulan pada menit ke-18 melalui Daophahad Kamkasomphou yang tembakannya melambung di atas gawang.

Setelah 20 menit awal tanpa hasil, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan melalui penalti yang dieksekusi Zahaby Gholy pada menit ke-23, mengubah skor menjadi 1-1. Tidak butuh waktu lama bagi Indonesia untuk unggul. Enam menit kemudian, sundulan Tristan Raissa Ibrahim dari umpan sepak pojok berhasil membawa Indonesia memimpin 2-1.

Permainan semakin mendominasi ketika Josh Holong menambah keunggulan menjadi 3-1 pada menit ke-38. Menjelang akhir babak pertama, sang kapten Putu Panji menambah satu gol lagi, sehingga Indonesia masuk ruang ganti dengan keunggulan 4-1. Di babak kedua, Indonesia hanya butuh 15 menit untuk menambah keunggulan melalui gol kedua Josh Holong.

Tim asuhan Nova Arianto semakin menunjukkan performa impresif dengan permainan bola dari kaki ke kaki yang teratur. Kemenangan Indonesia kemudian dikunci oleh gol Mierza Firjatullah pada menit ke-79, yang juga merupakan gol keempatnya di turnamen ini.

Tidak ada gol tambahan di sisa pertandingan, dan Indonesia memastikan kemenangan telak dengan skor akhir 6-1. Hasil ini membuat Indonesia memuncaki grup dengan poin sempurna, 9 poin dari tiga pertandingan, dan memastikan tempat di semifinal Piala AFF U-16 yang dijadwalkan berlangsung pada Senin (1/7).

Adapun ini susunan dari pemain kedua tim: 

Indonesia: Nur Ichsan, Dafa Zaidan El Fikri, I Putu Panji, Mathew Ryan Baker, Zahaby Gholy, Nazriel Alfaro Syahdan, Daniel Alfrido, Fabio Azkairawan, Tristan Raissa Ibrahim, Raihan Apriansyah Sudrajat, Josh Holong Junior
Pelatih: Nova Arianto

Laos: Thitsakhone Sumlivongvath, Phisith Orr, Bounthasak Chandala, Sikanda Xaisongkham, Daophahad Kamkasomphou, Phayak Siphanom, Binly Donsanouphit, Ki Mounkanyah, Sayyavath Vansavath, Xayyasith Chitpasong, Phoutthasak Sihakhot
Pelatih: Kanlaya Sysomvang.

Baca Juga: Kemenangan Gemilang Indonesia U-16: Taklukan Filipina 3-0 di Piala AFF U-16

 
Exit mobile version