Timnas Indonesia Melaju ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Tiimnas lolos putaran ketiga Piala Dunia 2026

Tiimnas lolos putaran ketiga Piala Dunia 2026

Tiroe.com – Timnas Indonesia terus mencatat prestasi gemilang di tahun ini. Setelah sukses mencapai babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar dan semifinal Piala Asia U-23 2024, kini Garuda kembali mengukir sejarah dengan melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Ini adalah pencapaian pertama kalinya setelah mengalahkan timnas Filipina dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Selasa.

Kemenangan ini diraih berkat gol-gol dari Thom Haye pada menit ke-31 dan Rizky Ridho pada menit ke-55. Hasil ini menempatkan Indonesia di posisi kedua klasemen akhir Grup F dengan 10 poin, yang memastikan lolos ke putaran ketiga kualifikasi dan juga otomatis ke Piala Asia 2027. Indonesia bergabung dengan Irak yang sudah lebih dulu lolos sebagai pemuncak grup.

Vietnam, yang berada di posisi ketiga dengan enam poin, tidak dapat mengejar poin Indonesia. Oleh karena itu, hasil pertandingan antara Vietnam dan Irak di Stadion Internasional Basra pada Rabu (12/6) pukul 01.00 WIB tidak akan mempengaruhi posisi The Golden Stars di babak kualifikasi.

Indonesia pernah tampil di putaran final Piala Dunia 1938 ketika masih bernama Hindia Belanda. Namun, dalam format kualifikasi saat ini, Indonesia belum pernah mencapai putaran ketiga. Prestasi terbaik sebelumnya terjadi pada kualifikasi Piala Dunia 1986 ketika Indonesia berhasil mencapai putaran kedua.

Di putaran ketiga, Indonesia akan bersaing dengan 17 negara lainnya, termasuk Jepang, Qatar, Korea Selatan, dan Australia, untuk memperebutkan enam tempat otomatis ke Piala Dunia 2026. Turnamen ini akan diselenggarakan untuk pertama kalinya di tiga negara: Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Sebanyak 18 tim di putaran ketiga akan dibagi menjadi tiga grup yang masing-masing terdiri dari enam tim. Dua tim teratas dari setiap grup akan otomatis lolos ke Piala Dunia 2026.

Jika Indonesia gagal menjadi juara atau runner up grup, masih ada kesempatan untuk lolos dengan menyelesaikan putaran ketiga di posisi ketiga atau keempat. Dua posisi tersebut akan memainkan putaran keempat dan kelima untuk memperebutkan dua tiket otomatis tersisa dan satu tiket playoff.

Prestasi ini menunjukkan kemajuan pesat dan semangat juang tinggi dari Timnas Indonesia di kancah sepak bola internasional. Dukungan penuh dari para suporter Garuda diharapkan terus mengalir untuk membawa Indonesia semakin berjaya di panggung dunia.

Baca Juga: Tempe Menuju Pengakuan UNESCO: Upaya Pelestarian Budaya Indonesia

 
Exit mobile version