Shin Tae Yong Sesali Kualitas Rumput GBK yang Tak Ideal: Jangan Dipakai Konser!

Shin Tae Yong

Shin Tae Yong

Tiroe.com – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengkritik kondisi rumput di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) usai pertandingan melawan Filipina.

Timnas Indonesia sebelumnya berhasil meraih kemenangan 2-0 dalam matchday terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang berlangsung di SUGBK, Jakarta, pada Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Hal ini karena dua gol yang berhasil diciptakan timnas Indonesia dicetak oleh Thom Haye (32’) dan Rizky Ridho (56’).

Kondisi rumput SUGBK menjadi perhatian setelah laga tersebut. Rumput stadion terlihat tidak ideal dengan banyak area berwarna cokelat dan botak.

Hal ini disebabkan oleh penggunaan stadion tidak hanya untuk kegiatan olahraga sepak bola, tetapi juga untuk menggelar konser, termasuk konser grup K-Pop, NCT Dream, pada Sabtu (18/5/2024).

Kondisi rumput yang belum pulih sepenuhnya setelah konser tersebut membuat Shin Tae-yong mengkritik pihak pengelola stadion.

Pelatih asal Korea Selatan ini berharap agar SUGBK dikhususkan untuk kegiatan sepak bola, bukan konser.

“Seperti yang dilihat, memang kondisi rumput kurang baik,” kata Shin Tae-yong dalam sesi jumpa pers di SUGBK seperti dikutip pada Rabu (12/06).

“Saya berharap semoga di lapangan bola tidak diadakan konser lagi, tetapi lebih banyak kegiatan sepak bola,” ujarnya.

Kritik terhadap kondisi rumput SUGBK juga disuarakan oleh bek timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, seusai laga melawan Irak pada Kamis (6/6).

Senada dengan Shin Tae Yong, Asnawi juga mengakui bahwa kondisi lapangan di SUGBK sangat mempengaruhi permainan tim.

“Kondisi lapangan kurang baik. Memang sudah diperingatkan beberapa minggu sebelumnya kalau SUGBK kami berharap jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya saat melawan Vietnam,” kata Asnawi ikut menambahkan.

“Memang ada perubahan, tetapi tidak jauh berbeda. Beberapa struktur lapangan yang tak cukup rata berpengaruh untuk para pemain,” jelasnya.

Situasi ini menunjukkan pentingnya perhatian terhadap kondisi lapangan agar dapat mendukung performa optimal para pemain.

Shin Tae-yong dan para pemain berharap agar pengelola SUGBK memperhatikan hal ini demi kelancaran dan kualitas pertandingan di masa mendatang.

Dengan demikian, SUGBK bisa terus menjadi stadion kebanggaan Indonesia yang siap menyelenggarakan berbagai ajang sepak bola bergengsi.

Baca Juga: Timnas Indonesia Melaju ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

 
Exit mobile version