Indonesia Berhasil Lolos, Ini Fakta Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026!

Timnas Indonesia lolos kualifikasi piala dunia 2026

Timnas Indonesia lolos kualifikasi piala dunia 2026

Tiroe.com – Prestasi membanggakan kembali diukir oleh Tim nasional (Timnas) sepak bola Indonesia. Pasalnya Timnas berhasil melangkah ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Selasa, 11 Juni 2024.

Kemenangan ini diraih Timnas Indonesia melalui gol-gol yang tercipta di dua babak berbeda. Thom Haye membuka keunggulan bagi skuad Merah Putih pada menit ke-32, sementara gol kedua disumbangkan oleh Rizky Ridho pada menit ke-56.

Dengan hasil ini, Indonesia berhasil mengamankan posisi di Grup F bersama dengan Irak, yang berhasil menjadi juara grup.

Di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong, Indonesia finis di peringkat kedua grup dengan koleksi 10 poin.

Poin ini tidak mungkin terkejar oleh Vietnam yang hanya mengumpulkan 6 poin dan masih harus bertanding melawan Irak pada Rabu dinihari nanti.

Keberhasilan ini memastikan tempat Indonesia di putaran ketiga, sebuah pencapaian penting bagi sepak bola Indonesia.

Fakta Menarik tentang Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Berikut beberapa fakta penting terkait putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

  1. Tim yang Lolos:

    • Selain Indonesia, ada 14 tim lain yang telah memastikan tempat di putaran ketiga. Mereka adalah Irak, Qatar, Jepang, Korea Selatan, Cina, Oman, Iran, Uzbekistan, Arab Saudi, Yordania, Uni Emirat Arab, Bahrain, Australia, dan Palestina. Tiga tiket tambahan masih akan diperebutkan.
  2. Format Kompetisi:

    • Putaran ketiga akan menjadi ajang perebutan enam tiket langsung ke putaran final Piala Dunia 2026 yang akan diadakan di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Sebanyak 18 tim yang lolos akan dibagi menjadi tiga grup yang masing-masing berisi enam tim, menggunakan sistem round robin atau kompetisi penuh dengan format kandang-tandang, sehingga setiap tim akan bermain sebanyak 10 kali.
  3. Proses Kualifikasi:

    • Dua tim teratas dari setiap grup akan langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2026. Undian untuk putaran ketiga ini akan dilakukan pada 27 Juni 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia. Jadwal pertandingan akan berlangsung mulai dari 5 September 2024 hingga 10 Juni 2025.
  4. Kesempatan Lanjutan:

    • Tim yang finis di posisi ketiga dan keempat di masing-masing grup akan melanjutkan perjuangan mereka di putaran keempat. Di sini, enam tim yang tersisa akan dibagi menjadi dua grup, dan juara dari masing-masing grup ini akan mendapatkan tiket ke putaran final. Runner-up dari putaran ketiga akan mengikuti putaran kelima untuk memperebutkan tiket ke playoff antarkonfederasi.

Secara keseluruhan, Asia memiliki total 8 jatah tiket untuk putaran final Piala Dunia 2026, ditambah satu tiket yang bisa diperoleh melalui babak playoff.

Baca Juga: Shin Tae Yong Sesali Kualitas Rumput GBK yang Tak Ideal: Jangan Dipakai Konser!

 
Exit mobile version