Kevin Sanjaya Umumkan Pensiun dari Bulu Tangkis: Perjalanan Karier dan Alasan Keputusannya

Kevin Sanjaya

Kevin Sanjaya

Tiroe.com – Kevin Sanjaya Sukamuljo, pemain ganda putra Indonesia, secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia bulu tangkis.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Kevin Sanjaya melalui akun media sosial Instagram resminya pada Kamis, setelah Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Ricky Soebagdja, mengumumkan kepindahannya dari pelatnas.

Dalam unggahannya, Kevin Sanjaya menceritakan kebahagiaannya selama berkarier di dunia bulu tangkis, terutama saat berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon.

Marcus sendiri sudah lebih dulu mengumumkan pensiunnya pada Maret lalu. Karier suami Valencia Tanoesoedibjo ini dimulai sejak usia 5 tahun, dan di usia 12 tahun ia merantau dari Banyuwangi ke Kudus untuk mengejar impian sebagai atlet nasional.

Pada tahun 2013, Kevin bergabung dengan PBSI di Jakarta dan mulai dipasangkan dengan berbagai atlet.

Bersama Marcus, ia mencapai banyak prestasi dan dikenal sebagai pasangan “The Minions”.

“Saya sangat bersyukur dengan semua pencapaian saya dan Marcus sampai saat ini, meski kami belum berhasil mendapatkan medali Olimpiade dan World Championship,” tuturnya seperti dikutip dari Antara, Jumat (17/05).

Namun, Kevin menyatakan bahwa kini saatnya untuk pensiun. Keputusan ini diakuinya sangat berat, dan melalui proses diskusi panjang dengan orang-orang terdekat serta berbagai pertimbangan.

“Namun, sepertinya waktu saya di dunia badminton cukup sampai di sini,” ungkap dalagi.

Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusannya adalah cedera bahu yang tak kunjung membaik sejak 2017, serta cedera yang dialami Marcus, yang membuat mereka tak mungkin memperebutkan tiket Olimpiade 2024.

Kevin sempat mendapat kesempatan untuk berpasangan dengan atlet lain, tetapi merasa kurang cocok karena mereka sama-sama pemain depan.

Setelah berdiskusi dengan pengurus PBSI, menantu Harry Tanoesoedibjo ini menyadari bahwa ia bermain bulu tangkis bukan hanya untuk menjadi penggembira, melainkan untuk memiliki tujuan yang jelas.

“Namun, jawaban yang diberikan tidak sesuai harapan saya dan saya tidak mendapatkan kesempatan untuk memiliki tujuan yang jelas,” paparnya lagi.

Pada akhirnya, dirinya memutuskan untuk pensiun di akhir Februari setelah mempertimbangkan berbagai hal.

Kevin, yang bersama Marcus menduduki peringkat satu dunia terlama di ganda putra, mengucapkan terima kasih kepada para pendukung dan semua yang selalu mendoakan kariernya.

“Saya juga mau meminta maaf bila banyak pendukung yang mungkin kecewa dengan keputusan ini. Ketahuilah bahwa keputusan ini bukanlah keputusan yang mudah, bisa dikatakan ini adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup saya. Akhir kata, saya, Kevin Sanjaya Sukamuljo, pamit,” pungkasnya.

Baca Juga: Cek Syarat Masuk IPDN 2024, Nilai Rapor, dan Batas Usianya

 
Exit mobile version