UEFA Pakai Format Baru di Liga Championship 2024-2025, Ada Penambahan Jumlah Peserta?

UEFA Championship League

UEFA Championship League

Tiroe.com – UEFA baru-baru ini telah mengungkap format baru yang akan digunakan untuk Liga Championship 2024-2025. 

Tak lagi menggunakan sistem babak grup, untuk Liga Championship 2024-2025 kali ini UEFA memilih untuk menggunakan sistem liga. 

Dalam format baru ini, nantinya Liga Championship tak akan lagi terdiri dari 32 tim yang dibagi dalam delapan grup dengan jumlah empat peserta per grupnya. 

Melainkan dalam format baru, UEFA akan menggunakan format partisipasi 36 klub yang masuk dalam fase liga yang sama dalam satu grup besar. 

Dalam sistem liga tersebut, nantinya akan terdapat empat klub tambahan di Liga Championship kali ini. 

Tak hanya untuk 2024-2025, format 36 klub yang akan berpartisipasi ini akan terus digunakan hingga musim-musim ke depan lainnya. 

Ada delapan pertandingan melawan tim yang nantinya akan diambil dari masing-masing pot, untuk bermain di delapan pertandingan. 

Dari sejumlah pot tersebut, terhitung ada empat pot unggulan yang memiliki catatan tidak memiliki pertandingan melawan satu sama lain sebanyak dua kali. 

Mereka nantinya akan berhadapan dengan lawan berbeda di setiap liga kandang atau tandang. 

Ada kemungkinan jika nantinya partai big match dan final kepagian akan terjadi dalam sistem ini, dengan harapan untuk menghasilkan pertandingan yang lebih kompetitif di semua kompetisi. 

Sementara pada fase knock out, tim yang berada di peringkat 1-8 di klasemen liga akan lolos ke 16 besar. 

Lain halnya untuk tim yang berada di peringkat 9-24 akan saling bertemu dalam play-off liga untuk bersaing mengisi delapan tempat tersisa demi berhadapan dengan delapan tim unggulan teratas. 

Kemudian nasib 12 tim yang tersisa atau yang berada di posisi terbawah (25-36), secara otomatis akan tersingkir seluruhnya dan tidak masuk dalam play off Liga Europe atau Conference League. 

UEFA bersama dengan para pemangku kepentingan utama dalam komunitas sepak bola Eropa, sebelumnya telah melakukan proses konsultasi soal format baru Liga Championship 2024-2025 sebelum pada akhirnya diresmikan. 

Sejak 10 Mei 2022, format final, daftar akses, hingga kalender untuk kompetisi klub Eropa sebenarnya telah disetujui. 

Dimana proses itu dilakukan sebagai salah satu langkah untuk kelanjutan dari keputusan UEFA, yang pada 19 April 2021 telah memperkenalkan sistem kompetisi yang baru. 

Baca Juga : PSSI Siapkan Cetak Biru Sepak Bola Putri untuk 10 Tahun, Targetkan Capai Piala Dunia 2035

Exit mobile version