Peringkat FIFA Terbaru: Lonjakan Indonesia Naik, Thailand Kudeta Vietnam

Tiroe.com – Vietnam telah kehilangan posisi sebagai tim nomor satu di ASEAN setelah enam tahun, dan tidak ada perubahan dalam posisi mereka di sepuluh besar dunia.

Meskipun timnas Indonesia berhasil lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, prestasi ini hanya berhasil meningkatkan peringkat skuad Garuda sebanyak empat tingkat dalam daftar ranking terbaru FIFA yang dirilis pada Kamis (15/2).

Saat ini, Indonesia menduduki peringkat ke-142, naik dari sebelumnya di peringkat 146. Dari empat pertandingan di Piala Asia, termasuk pertandingan uji coba melawan Libya dan Iran, Indonesia berhasil mengumpulkan 8,65 poin.

Di kawasan Asia Tenggara, Thailand berhasil mencatat lonjakan signifikan dengan naik 12 peringkat ke posisi 101. Prestasi ini diraih Thailand setelah berhasil lolos ke 16 Besar Piala Asia dengan satu kemenangan, dua hasil imbang, dan satu kekalahan.

Hasil gemilang Thailand ini menggeser Vietnam dari posisi tim nomor satu di Asia Tenggara. Vietnam sebelumnya telah menduduki posisi tersebut sejak 21 Desember 2017, namun kini turun ke peringkat 105, menjadi tim kedua terbaik di ASEAN. Selama Piala Asia 2023, Vietnam mengalami tiga kekalahan, termasuk satu kekalahan dari Indonesia.

Sementara itu, Malaysia mengalami penurunan dua peringkat ke posisi 132, dan masih menempati peringkat tiga terbaik di Asia Tenggara. Filipina, yang tidak berpartisipasi dalam Piala Asia, naik satu peringkat ke posisi 139.

Sementara itu, enam negara lainnya di Asia Tenggara tidak mengalami perubahan signifikan dalam peringkat FIFA mereka. Singapura, yang berada di peringkat kelima di ASEAN, tetap berada di posisi 156, diikuti oleh Myanmar (162), Kamboja (179), Laos (189), Brunei Darussalam (194), dan Timor Leste (200).

Di sisi lain, keberhasilan Qatar meraih gelar juara Piala Asia 2023 menyebabkan lonjakan yang signifikan dalam peringkat FIFA mereka, naik dari posisi 58 ke posisi 37. Sementara itu, Yordania, yang menjadi runner-up, naik 17 peringkat menjadi posisi 70.

Prestasi Pantai Gading sebagai juara Piala Afrika juga memengaruhi posisi mereka dalam ranking FIFA. Saat ini, mereka menduduki peringkat ke-39 dunia. Namun, yang menarik, peringkat yang lebih signifikan diperoleh oleh Nigeria, runner-up, yang naik 14 peringkat ke posisi 28.

Sementara itu, peringkat sepuluh besar dunia tidak mengalami perubahan. Argentina masih memimpin, diikuti oleh Prancis, Inggris, Belgia, Brasil, Belanda, Portugal, Spanyol, Italia, dan Kroasia.

Baca Juga : Megawati Unggul dari Ratu Voli Korea Selatan di Daftar Top Skor dengan 605 Poin

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari Tiroe.comUntuk kerjasama lainnya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

 

 

Exit mobile version