Mantan Menteri Pertambangan Kuntoro Mangkusubroto Tutup Usia

Tiroe.com – Kuntoro Mangkusubroto, mantan Menteri Pertambangan dan Energi, telah berpulang. Pada usia 76 tahun, beliau menghembuskan nafas terakhirnya di RSCM Kencana. Berdasarkan laporan, Kuntoro menghembuskan napas terakhir pada Minggu (17/12/2023) pukul 01.03 WIB.

Sebagai alumnus Institut Teknologi Bandung dan Stanford University, Amerika Serikat, jenazah Kuntoro akan disemayamkan di Jalan Kesemek Blok S Nomor 2, Kompleks Kalibata Indah, Jakarta Selatan. Rencananya, prosesi pemakaman akan dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

“Beliau meninggal dunia di RSCM Kencana pukul 01.03 WIB tadi,” kata Sekretaris dari Kuntoro Mangkusubroto, Anindityas, saat dihubungi.

Biodata Singkat Kuntoro Mangkusubroto

Nama : Dr. Ir. Kuntoro Mangkusubroto

Tempat lahir : Purwokerto

Tanggal lahir : 14 Maret 1947

Pendidikan Terakhir : S3 ITB, Ilmu Teknik bidang Ilmu Keputusan (1982)

Mengacu pada sumber resmi Perpustakaan Nasional (Perpusnas), individu yang lahir di Purwokerto, Jawa Tengah, tumbuh dalam lingkungan keluarga yang dihormati. Ayahnya adalah seorang pengacara, sementara ibunya menjadi dosen bahasa Inggris di Universitas Sudirman, Purwokerto.

Awal karier Kuntoro dimulai sebagai seorang dosen di Institut Teknologi Bandung (ITB). Setelah menyelesaikan masa pengajarannya di ITB, ia melanjutkan studinya di Stanford University pada tahun 1976. Setahun berikutnya, Kuntoro kembali ke dunia pendidikan dengan mengambil jurusan Teknik Sipil di Stanford University pada tahun 1977. Dedikasinya terhadap pendidikan terus berkembang, dan ia meraih gelar doktor di ITB pada tahun 1982 dengan fokus pada Ilmu Teknik dalam bidang Ilmu Keputusan.

Karirnya melesat pada tahun 1983 ketika Kuntoro bertugas sebagai staf ahli menteri muda UP3DN Ginanjar Kartasasmita di Sekretaris Negara. Tahun berikutnya, ia dipindahkan ke posisi Pembantu Asisten Administrasi Menteri Sekretaris Negara RI Safaruddin Husada.

Setelah menjabat di Sekretaris Negara RI, Kuntoro kemudian menjabat sebagai Direktur Utama PT. Tambang Batubara Bukit Asam. Peran Kuntoro di sektor pemerintahan semakin terlihat ketika ia dipercaya sebagai Direktur Jenderal Pertambangan Umum Departemen Pertambangan dan Energi pada tahun 1993.

Lima tahun berikutnya, Presiden Soeharto menunjuknya sebagai Menteri Pertambangan dan Energi. Setelah menjabat sebagai menteri, Kuntoro tetap terlibat dalam pemerintahan, khususnya pada masa pemerintahan SBY. Pada periode tersebut, ia diminta untuk menjadi Kepala Badan Pelaksana Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Wilayah dan Kehidupan Masyarakat Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Kepulauan Nias, Provinsi Sumatera Utara.

Penghargaan Kuntoro Mangkusubroto

Mengutip laman resmi Institut Teknologi Bandung, Kuntoro dikenal sebagai sosok yang menerima beberapa penghargaan. Berikut penghargaan yang pernah diterimanya.

1. Associatioon of South East Asian Nation (ASEAN) Engineering Excellence award (1996)

2. Honorary Lee Kuan Yew, Exchange Gellow (2006)

3. Ganesha Prajamanggala Bakti Adiutama ITB, atas jasa dan Pengabdian luar biasa sebagai Menteri dalam Kabinet Indonesia (2009)

4. Royal Norwegian Order of Merit – Commander with Star (2012)

5. Honoris Causa dari Northeastern University (2012)

Baca Juga : Kevin Ray Mendoza Rekrutan Terbaru Persib Bandung, Anak Emas

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari tiroe.comUntuk kerjasama lainnya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version