Bulan Ramadhan, Indonesia Raih 2 Prestasi Internasional di Brunei Darussalam

Tiroe.com, Jakarta – Pertengahan puasa Ramadhan, Indonesia raih 2 prestasi internasional di ajang Musabaqah Hifzil Qur’an dan Tafsir negara MABIMS. Yakni ajang antara negara Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

MABIMS sendiri adalah singkatan dari Pertemuan Tahunan Tidak Resmi Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura. Ini merupakan sebuah kesepakatan regional Menteri Agama dari empat negara tersebut untuk meningkatkan kerja sama di bidang agama Islam.

Delegasi Indonesia meraih dua prestasi dalam event yang berlangsung di Brunei Darussalam, 5 hingga 7 April 2023 kemarin.

“Torehan prestasi ini tidak terlepas dari baiknya sistem pembinaan LPTQ, sehingga mampu mengirimkan delegasi secara profesional,” ungkap Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Alquran dan Alhadist Rijal Ahmad Rangkuty.

Dia turut memberi apresiasi atas prestasi delegasi Indonesia tersebut. Menurutnya, prestasi dua perwakilan Indonesia tersebut tidak terlepas dari kualitas sistem pembinaan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an atau LPTQ.

Baca Juga :Final Ganda Putra All England Dimenangkan Fajar Alfian/Rian Ardianto

Kedua delegasi Indonesia yang berhasil mengharumkan nama bangsa di kancah internasional yakni Rahmiya Khairat, asal Sumatera Utara. Dia menyabet peringkat ketiga cabang Tahfiz Al-Qur’an Golongan 10 Juz Putri.

Kemudian, M. Bagus Mashum asal Jawa Timur berhasil meraih juara satu Golongan 30 Juz di event tersebut. Keduanya berhasil membawa Indonesia raih 2 prestasi internasional kembali.

Mengenai hal ini, Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Ahmad Zayadi mengapresiasi pencapaian tersebut. Menurutnya, hal ini menjadi motivasi bagi anak bangsa lainnya untuk berani berkompetisi di tingkat internasional.

“Ini merupakan prestasi yang membanggakan, di event keagamaan bergengsi ini, putra-putri Indonesia mampu memberi inspirasi dan motivasi untuk bersaing dengan kompetitor negara lain,” ucapnya dikutip dari web resmi Kementerian Agama RI, Sabtu, 8 April 2023.

Adanya prestasi ini tentunya membawa nama Indonesia semakin harum di kancah internasional. Torehan ini juga menambah daftar panjang prestasi Indonesia dalam event khusus bidang agama Islam. Harapannya, hal ini bisa terus bertahan dan semakin meningkat. Aamiin.

Baca Juga : Keren! 3 Siswa MAN 4 Jakarta Diterima di 13 Kampus Luar Negeri

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari tiroe.com. Untuk kerjasama lainnya bisa kontak email tau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version