Generasi Muda di Cirebon Manfaatkan Daur Ulang Sampah

TIROE.COM – Masyarakat di Cirebon, Jawa Barat, mendapatkan pelatihan pengelolaan sampah pada Minggu (26/2/2023) bertempat di kawasan Karang Wareng.

Ketua DPC Sahabat Ganjar Cirebon, Masto Argandi mengatakan, warga yang didominasi oleh generasi muda ini sangat antusias mengikutinya.

“Milenial di sini memiliki dorongan yang luar biasa. Terutama masalah kebersihan dan sampah di kawasan ini. Mereka memiliki dedikasi dan komitmen yang luar biasa terhadap masalah sampah,” kata Masto.

Masto menututrkan, semua kegiatan yang dilakukan sepenuhnya murni dari inisiatif para milenial dan didorong oleh hati nurani mereka.

“Mereka tidak ada yang gaji atau kasih dana apapun, tapi mereka bergerak sendiri menggunakan hati tanpa berharap materi. Menurut kami ini sangat luar biasa,” ujar Masto.

Masto juga menjelaskan alasan memilih kegiatan pelatihan pengelolaan sampah tersebut.

Baca juga : Pemprov Jabar Kembali Anugerahi Masyarakat Berprestasi

“Selain masalah lingkungan, daur ulang sampah juga dapat mengatasi pencemaran lingkungan yang dari bahaya sampah, khususnya sampah plastik. Karena Pak Ganjar juga seorang pemimpin yang penduli dengan masalah sampah, kami coba memperkenalkan beliau melalui anak-anak muda yang peduli dengan sampah pula. Alhamdulillah Pak Ganjar dapat diterima dengan baik,” kata Masto.

Suhandi, salah satu warga yang mengikuti kegiatan pelatihan sampah menceritakan sudah berapa lama pengelolaan sampah ini berlangsung.

“Kegiatan pengelolaan dan daur ulang sampah ini sudah berjalan hampir 3 tahun. Kami ingin terus menggiatkan aksi positif ini,” kata Suhandi.

Adapun sampah yang dapat didaur ulang biasanya meliputi sampah plastik, botol minuman, kemasan makanan ringan berbahan dasar plastik, dan masih banyak lagi. Pasalnya, jenis sampah tersebut sangat sulit memuai ke tanah.

Sebelum pelatihan, Sahabat Ganjar terlebih dahulu mengikuti kegiatan senam bersama ribuan masyarakat dari wilayah Lemahabang. Semarak serta keceriaan mewarnai kegiatan senam bersama kali ini.

Baca juga : Jokowi Dorong Negara G7 Investasi Sektor Energi Bersih di Indonesia

Exit mobile version