Keren! Pelajar SMA di Bengkulu Ciptakan Permen Antikanker

TIROE – Lima pelajar SMAN 1 Kota Bengkulu menciptakan permen antikanker dari tiga jenis rumput liar yaitu rumput teki, rumput mutiara, dan daun ketapang.

Dari pembuatan permen antikanker tersebut, SMAN 1 Kota Bengkulu berhasil meraih medali emas dalam ajang Global Youth Invention and Innovation Fair (GYIIF) 2023 di kampus IPB pada Januari lalu yang diikuti 227 tim dari 17 negara. .

“Ide awal pembuatan permen antikanker tersebut, karena angka kasus kanker di Indonesia cukup tinggi dan kami berinovasi untuk membuat permen anti-kanker. Sebab, lebih baik mencegah daripada mengobati,” kata Ketua tim Karya Tulis Ilmiah (KTI) SMAN 1 Kota Bengkulu Muhammad di Bengkulu, Selasa.

Dijelaskannya, sebelum memilih tiga jenis rumput liar tersebut, ia bersama empat temannya, Zacky Al Rozaq, Junita Pebriani, Dian Ayu Anggraeni dan Wetta Tri Sabaniah, melakukan penelitian dan uji coba puluhan jenis rumput liar di laboratorium sekolah dan farmasi.

Dari hasil penelitian tersebut, rumput teki, rumput mutiara dan daun ketapang mengandung flavonoid yang bermanfaat menangkal radikal bebas yang dapat mencegah kanker. Untuk bahan pembuatan antikanker tersebut, sama dengan pembuatan permen biasa, namun alami dan sehat untuk tubuh seperti menggunakan gula, air dan lain-lain.

“Untuk proses pembuatannya sama dengan pembuatan permen, namun kami menggunakan rumput liar sebagai bahan utamanya,” ujarnya.

Sementara itu, guru pembimbing KTI SMAN 1 Kota Bengkulu Syalendra Putra menyebutkan bahwa penemuan permen antikanker tersebut pertama kali di Provinsi Bengkulu.

Oleh karena itu, pihaknya mendaftarkan penemuan permen antikanker tersebut ke Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dan mengurus perizinannya ke Kementerian Kesehatan.

“Dengan adanya penemuan permen antikanker ini dapat membantu menekan kasus pengidap kanker di Indonesia, khususnya Bengkulu,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, dapat memberikan motivasi kepada para siswa di Provinsi Bengkulu untuk terus meningkatkan kualitas sekolah dan ide untuk menciptakan hal-hal yang bermanfaat kedepannya.

Baca juga : Sekolah Citra Kasih Gelar Lomba Desain Ruang Kelas Impian Antar Siswa SMP se- Kota Ambon

Exit mobile version