Bangga! Leo/Daniel Tembus Ranking 10 Dunia

Leo/Daniel Tembus Ranking 10 Dunia

Leo/Daniel Tembus Ranking 10 Dunia

TIROE.COM – Leo Rolly Carnando/Daniel Martin tak hanya sukses merebut dua gelar di BWF World Tour, Indonesia Masters dan Thailand Masters 2023. Mereka berhasil menembus peringkat 10 dunia.

Hal itu tercermin dari situs Badminton World Federation (BWF) yang mengupdate daftar peringkat para pebulu tangkis terbaik dunia dari lima sektor yaitu tunggal putri, tunggal putra, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Dari lima nomor tersebut, pertanggal 7 Februari 2023, Leo/Daniel paling menarik perhatian. The Babies tak hanya menggebrak peta persaingan ganda putra yang semakin ketat dengan kehadiran mereka. Leon/Daniel juga saat ini meposisikan sebagai ganda putra terbaik yang masuk 10 besar dunia.

Apa yang Leo/Daniel dapatkan cukup wajar. Dalam dua pekan terakhir, Leo/Daniel mampu menunjukkan konsistensi dalam pertandingannya. Mereka menjadi juara baru Indonesia Masters yang pada edisi sebelumnya didominasi oleh Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Baca juga: Petenis Aldila Sutjiadi Lolos 16 Besar Australia Open 2023

Kemudian menjadi juara di Thailand Masters 2023. Dua edisi sebelumnya, turnamen BWF World Tour Super 300 ini tak digelar. Sementara pada 2020, pemenangnya adalah Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Posisi Leo/Daniel juga mengembalikan dominasi ganda pria asal Indonesia di peringkat 10 besar dunia. Indonesia terakhir mengirimkan tiga wakilnya ke jajaran tersebut pada 20 Desember 2022. Yakni Fajar/Rian, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Bersama Leo/Daniel, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan naik satu tingkat ke tingkat 20 dunia. Sedangkan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, meskipun kemarin menembus semifinal Thailand Masters, tapi tak cukup untuk meningkatkan posisinya. Juara All England 2022 itu malah turun satu tingkat ke posisi ke-12.

Lantas, apa yang terjadi dengan tiga ganda putra lainnya? Baik Hendra/Ahsan, Fajar/Rian dan Kevin/Marcus tetap berada di posisi masing-masing pada pekan ini.

Baca juga: Jonatan Christie Juara Indonesia Masters 2023!

Fajar/Rian masih menjadi nomor 1 di ganda putra dunia, kemudian di bawah mereka ada Aaro Chia/Soh Wooi Yik dari Malaysia. Hendra/Ahsan menduduki peringkat tiga dunia.

Untuk Kevin/Marcus juga tidak mengalami perubahan. Mereka berada di peringkat 19 dunia. Saat ini, Minions memang tengah berupaya untuk mengembalikan performa keduanya pada tahun ini.

Dari tiga turnamen awal tahun 2023, hasil terbaiknya hanya perempat final India Open. Di Malaysia Open dan Indonesia Masters, mantan nomor satu dunia itu tumbang di babak 16 besar.

Khusus untuk Indonesian Masters, Kevin/Marcus memutuskan mundur dari turnamen BWF World Tour Super 500. Marcus mengalami sakit pada bagian perut.

Baca juga: Inspiratif! Pebulu Tangkis Indonesia Ukir Banyak Prestasi, HT Apresiasi Kepemimpinan Ketum PBSI Agung Firman Sampurna

Exit mobile version