Siswa Madrasah Raih Juara International Robot Olympiad 2023 di Thailand

TIROE.COM – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pasuruan berhasil mengharumkan nama Indonesia. Siswa tersebut bernama Almer Abiyyu Ahmad, siswa kelas X2 meraih medali perak dalam kategori Physical Computing pada International Robot Olympiad (IRO 2022) di Phuket, Thailand.

IRO 2022 berlangsung tanggal 12 – 16 Januari 2023 di Phuket Thailand. Ajang ini diikuti sekitar 400 peserta dari 14 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Bangladesh, Filipina, Vietnam, New Zealand, Australia, India, Yunani, Rusia, Cina, Korea Selatan, dan Inggris.

Persiapan Tim Robotik MAN 1 Pasuruan diawali dengan pembekalan peserta selama tujuh hari di Jakarta. Mereka mempersiapkan kompetisi untuk tiga kategori perlombaan, yakni Robot In Movie, Creativity, dan Physical Computing. Masing-masing dari kategori mempunyai karakteristik sendiri-sendiri dalam penilaian.

Hari pertama, peserta mengikuti lomba untuk kategori Physical Computing.

Hari kedua, mereka berkompetisi pada kategori Robot In Movie.

Hari ketiga dan keempat, digelar lomba pada Kategori Creativity.

Persiapannya tidak mudah, karena tiga lomba ini hanya diikuti satu peserta. Sementara tim dari negara lain masing-masing satu tim 2 peserta.

“Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami agar bisa memaksimalkan kondisi yang ada namun dengan performa yang maksimal,” jelas Faiz, Pembina Robotik yang juga ketua program keterampilan MAN 1 Pasuruan dilansir dari laman resmi Kementerian Agama pada Jumat, 20 Januari 2023.

Adapun Faiz mengatakan tim Robotik MAN 1 Pasuruan perdana mengikuti Event Robotik Internasional kategori kreatif. Kepala MAN 1 Pasuruan Nasrudin mengaku bangga dengan prestasi siswanya.

“Kita bisa menjuarai even robotik tertua di dunia. Semoga capaian prestasi atas dukungan seluruh siswa-siswi, bapak dan ibu guru, staff serta kepala madrasah dan pembina robotik yang langsung membimbing saat perlombaan hingga terakhir ini bisa membawa nama baik Indonesia dan madrasah di kancah internasional,” harapnya.

Baca juga : Bikin Bangga! Siswa SD NTT Juara di Lomba Matematika Internasional

Exit mobile version