130 Atlet Berprestasi Blora Terima Tali Asih dari KONI

Tiroe – Sejak September hingga Desember 2022, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) memberikan apresiasi kepada 130 orang atlet dan 23 pelatih berprestasi dalam bentuk uang tunai. Penyerahan tali asih dilakukan di ruang pertemuan KONI Blora, Selasa (27/12/2022).

“Tali asih ini periode kedua tahun ini. Periode pertama sebelumnya kami serahkan saat peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September kepada atlet dan pelatih yang meraih prestasi di sejumlah kejuaraan dalam kurun waktu Januari-September 2022,” ujar Ketua Umum KONI Blora Hery Sutiyono.

Jumlah total atlet dan pelatih berprestasi Kabupaten Blora tahun ini yang mendapatkan tali asih di periode pertama dan kedua sebanyak 208 atlet dan 39 orang pelatih. Menurut Hery Sutiyono, setiap tahun KONI Blora menganggarkan anggaran untuk mengapresiasi kepada atlet dan pelatih berprestasi.

“Meski jumlahnya sedikit, kami berharap tali asih seperti ini dapat meningkatkan motivasi para atlet dan pelatih untuk berlatih dengan giat dan meraih hasil yang lebih baik lagi di masa mendatang,” kata Hery Sutiyono.

Dua atlet angkat besi Blora yang berprestasi di tingkat internasional juga hadir saat pemberian tali asih kepada atlet dan pelatih yang berprestasi di periode kedua tahun ini. Keduanya adalah Muhammad Yassin dan Siti Nafisatul Hariroh.

Dua atlet angkat besi dari Blora tersebut baru-baru ini berkompetisi di Kejuaraan Angkat Besi Asia di Bahrain. Siti Nafisatul Hariroh mendapatkan medali emas dari angkatan clean and jerk dengan 91 kg. Lalu, dua perak dari snatch usai membukukan 79 kg dan total angkatan yakni 162 kg di kejuaraan tingkat Asia tersebut.

Sementara itu, Muhammad Yasin membawa pulang tiga medali perak pada turnamen yang berlangsung pada bulan Oktober lalu. Yasin berhasil mengangkat angkatan snatch terbaik 137 kg, 166 kg untuk angkatan clean and jerk, dan total angkatannya menjadi yang terbaik kedua 303 kg. Ia pun berhak atas tiga medali perak.

“Atlet tidak punya pilihan selain berlatih keras untuk mencapai kesuksesan,” kata Muhammad Yasin di hadapan para atlet Blora yang mendapatkan tali asih.

Baca Juga : Mensos Risma Terima Penghargaan Perempuan Inspiratif dari UIN Jakarta

Ketua Umum KONI Blora Hery Sutiyono menambahkan, pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2023 semakin dekat. Ia pun mengingatkan para atlet Blora yang lolos kualifikasi Porprov untuk secepatnya kembali berlatih.

“Tidak ada waktu untuk bersantai. Ingat, sembilan bulan bukanlah waktu yang lama sebelum digelarnya Porprov Jateng, 9-15 September 2023, apalagi kepotong sebulan di bulan puasa Ramadhan. Jadi, mulai sekarang sudah harus latihan intensif lagi.

“Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih kepada KONI Blora Bapak Bupati dan Ibu Wabup atas apresiasinya dan khususnya kepada para pelatih dan atlet Taekwondo Blora yang kemarin, tepatnya tanggal 28 sampai dengan 30 Oktober 2022 mengikuti event Kejuaraan Mok’s Open tahun 2022 Taekwondo Nasional Championship,” terangnya.

Dirinya mengucapkan syukur Alhamdulillah, atlet-atlet yang tergabung di Taekwondo Samin Blora (TSB) di bawah naungan Pengkab Blora ada sebanyak 19 atlet yang mendapatkan apresiasi di hari tersebut, sedangkan pelatihnya ada tiga orang.

“Semoga dengan pemberian tali asih ini dapat meningkatkan semangat anak-anak, atlet untuk berlatih dan teman-teman pelatih juga untuk mencetak atlet-atlet yang berprestasi demi kemajuan olahraga Blora terutama cabang Taekwondo.

Sementara itu, Prabowo Hadi Wijayanto, salah satu atlet taekwondo muda Blora dan peraih juara I Cadet Kyorugi Festival Under 42 putra (pemula) mengaku senang dan bersyukur atas apa yang telah diraihnya.

Siswa SMP Negeri 1 Gabus itu mempunyai harapan kedepan lebih semangat dan mengajak teman Taekwondo untuk giat berlatih, berdoa dan berprestasi.

“Taekwondo itu olahraga seni beladiri yang menyehatkan dan menyenangkan,” ucapnya singkat.

Baca Juga : Guru MTsN 1 Pati Raih Medali di Kejuaraan Seni Internasional

Exit mobile version