Guru MTsN 1 Pati Raih Medali di Kejuaraan Seni Internasional

Faiz Affan, guru Seni Budaya MTsN 1 Pati, menjadi Winner Exhibition 2023 dalam International Online Art Competition 2022.

Tiroe – Tidak hanya siswa tetapi juga guru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Pati juga mengukir prestasi. Guru seni budaya MTsN 1 Pati Faiz Affan menjadi Winner Exhibition 2023 dalam International Online Art Competition 2022.

Hasil kompetisi ini akan diumumkan pada Minggu, 19 Desember 2022 oleh pihak penyelenggara, Ali Art Studio India. Di kejuaraan ini, Faiz harus bersaing melawan peserta dari 37 negara dari benua Asia, Eropa, Amerika Selatan, Amerika Utara, Australia, dan Afrika.

Pelaksanaan kompetisi dimulai dengan pengiriman karya secara online dimulai Juni 2022, kata Faiz. Karya yang masuk lalu diseleksi menjadi 25 besar kemudian dipilih pemenang. Sebagai seorang guru, Faiz memang lebih memilih lomba yang digelar secara online mengingat waktu pelaksanaannya yang fleksibel.

“Akhir-akhir ini saya lebih banyak mengikuti kompetisi online karena waktunya lebih fleksibel. Selain itu, saya juga bisa menjalankan tugas sebagai pengajar dengan baik selama mengikuti lomba,” ujarnya, Jumat (23/12/2022) di Pati.

Baca Juga : Ukir Prestasi, Dua Siswa Madrasah Tsanawiyah 1 Pati Raih Medali KMSI

Dalam kompetisi ini, Faiz menciptakan karya seni yang berjudul Desert Woman kategori Digital Painting. Bersama dengan sebelas pemenang lomba lainnya, karyanya tersebut akan dipamerkan dan dilelang secara internasional pada Desember 2022 hingga Juli 2023 mendatang.

“Setelah pemenang diumumkan, dilanjutkan dengan pameran. Karya saya dan 11 karya terpilih lainnya akan ditampilkan di Google, Yahoo, Bing dan Facebook dan juga dilelang secara internasional,” jelasnya.

Lebih lanjut Faiz menjelaskan bahwa dirinya berencana akan kembali pada bulan Desember untuk dua event online tingkat internasional dan tingkat Asia yang akan diselenggarakan di Malaysia. “Mudah-mudahan kita bisa menjadi salah satu juara lagi, tapi kalau belum beruntung, minimal kita sudah menjadi peserta, mendapat pengalaman dan karya kita sudah dipublikasikan,” ujarnya.

Selain dinobatkan sebagai Winner Exhibition 2023, di tahun 2022 ini, Faiz juga memperoleh predikat sebagai Second Place dalam ajang International Online Art Competition 2022 yang diselenggarakan Art Contest India serta dua predikat Excellence Award dalam ajang 1st World Watercolor Contest “Watercolor For All” yang diselenggarakan oleh International Watercolor Society (IWS) Atelier Gallery Santiago, Chili.

Baca Juga : Najwa Balqis Raih Prestasi Nasional Mapel Biologi

Atas prestasi guru MTsN 1 Pati ini, Kasubdit pada Direktorat KSKK Madrasah Kemenag, Suwardi memberikan apresiasi. “Alhamdulillah, luar biasa keren. Selamat dan sukses Ustadz Faiz dan MTsN 1 Pati,” ujarnya.

Senada dengan Suwardi, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pati, Ali Arifin juga menyampaikan apresiasinya. “MTsN 1 Pati memang oke, baik dari siswanya dan para gurunya. Bapak Kepala Madrasahnya juga tidak kalah,” tuturnya.

Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati, mengatakan setelah sejumlah siswa MTsN 1 Pati berhasil menembus kejuaraan internasional, kini para guru MTsN 1 Pati juga sukses mengikuti jejak siswanya. Ia mengatakan hal ini sejalan dengan Misi MTsN 1 Pati No. 8 yaitu mengembangkan kemampuan peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan berstandar internasional.

Syafak berharap prestasi internasional ini dapat menginspirasi dan memotivasi para guru lainnya untuk mengembangkan MTsN 1 Pati. “Subhanallah, nikmat Allah SWT untuk keluarga besar MTsN 1 Pati sungguh luar biasa,” ucapnya.

“Selamat atas prestasi pertama dan keberhasilannya. Semoga menginspirasi dan menumbuhkan semangat teman-teman lainnya untuk mengembangkan madrasah yang berkah, bermanfaat, dan langgeng di hati mereka,” tambah Syafak.

Baca Juga : Timnas Kickboxing Indonesia Meraih Prestasi di Bangkok

Exit mobile version