Ekonomi Kreatif Jadi Kebutuhan Masa Depan

Ekonomi Kreatif Jadi Kebutuhan Masa Depan, Fairid Naparin. Sumber : Antara

Ekonomi Kreatif Jadi Kebutuhan Masa Depan, Fairid Naparin. Sumber : Antara

TIROE – Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan ekonomi kreatif akan menjadi kebutuhan di masa depan. Untuk itu, Pemda terus meningkatkan kemampuan sumber daya manusia sehingga mampu menciptakan produk dengan ide-ide berkreativitas tinggi.

“Salah satunya kerajinan rotan yang merupakan kategori ekonomi kreatif yang memanfaatkan hasil alam menjadi benda yang bernilai ekonomi,” ujarnya, Senin (21/11/2022).

Ekonomi kreatif sendiri merupakan sebuah konsep industri, diharapkan nantinya dapat mengandalkan kemampuan intelektual dan kreativitas untuk memenuhi tuntutan pasar.

Ekonomi kreatif bersifat dinamis, artinya tidak terbatas pada satu ide atau pendekatan saja. Hal ini menyebabkan lahirnya berbagai inovasi yang dapat berubah dari waktu ke waktu tergantung situasi pasar.

“Ekonomi kreatif juga bukan hanya tentang produk atau jasa menarik yang ditawarkan, namun juga bagaimana caranya memasarkan secara menarik,” jelasnya.

Kepala Daerah itu mengatakan, untuk dapat berinovasi dan memenangkan persaingan, masyarakat harus pandai membaca situasi dan kondisi pasar.

“Peka terhadap tren yang digemari oleh konsumen menjadi satu skill yang sangat bermanfaat agar inovasi dapat terus tercipta, sehingga pasar lokal tidak menjadi sepi karena kejenuhan pembeli,” pungkasnya.

Sumber : borneonews.co.id

Baca juga : KB-TK Prestasi Depok Gelar Kegiatan Festival Sains

Exit mobile version