Dinsos Surabaya Sediakan Ruang Kreativitas Anak Disabilitas

Dinsos Surabaya Sediakan Ruang Kreativitas Anak Disabilitas

Dinsos Surabaya Sediakan Ruang Kreativitas Anak Disabilitas

Tiroe.com – Dinas Sosial Kota Surabaya telah menyiapkan Rumah Anak Prestasi di Jalan Nginden Semolo Nomor 23 kota setempat sebagai ruang kreativitas bagi anak-anak disabilitas.

Anna Fajriatin, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya mengatakan, di Rumah Anak Prestasi yang diresmikan pada Rabu (7/9/2022) tersebut, terdapat beberapa pendamping disabilitas.

“Kami juga mempekerjakan penyandang disabilitas sebagai tenaga di pasar swalayan kecil Rumah Anak Prestasi,” kata Anna dikutip dari Antara, Kamis (8/9/2022).

Selain itu, Anna menjelaskan bahwa rumah Anak Prestasi ini dilengkapi dengan beberapa pelatihan untuk mengembangkan bakat anak-anak disabilitas Surabaya, mulai dari sablon, modeling hingga seni musik. “Insya Allah akan terus kami kembangkan,” katanya.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan Rumah Anak Prestasi adalah tempat berkumpulnya semua komunitas anak-anak istimewa di Kota Pahlawan. Melalui ruang ini, diharapkan mereka memiliki rasa percaya diri, kemandirian dan tidak adanya rasa rendah diri ataupun minder.

“Kalau ada yang mengatakan difabel, disabilitas, saya mengatakan mereka adalah anak-anak istimewa, karena setiap kekurangan pasti mereka punya kelebihan,” kata Eri.

Ia mengatakan, Rumah Anak Prestasi telah dilengkapi pemkot dengan sejumlah ruang atau fasilitas bagi anak-anak istimewa, mulai dari Ruang Terapi Wicara, Ruang Pembelajaran, pasar swalayan kecil, belajar seni musik, membatik, dan sebagainya.

“Ada juga mushola untuk mengaji. Bahkan, untuk anak-anak yang punya prestasi, juga ada Ruang Physiotherapy dan Ruang Refleksi,” ujarnya.

Eri mengatakan anak-anak istimewa di Kota Surabaya dapat memanfaatkan semua fasilitas dan ruang yang tersedia di Rumah Anak Prestasi. Semua fasilitas itu dapat dimanfaatkan anak-anak secara gratis.

“Kami juga menyediakan orang-orang yang hebat untuk melatih mereka menjadi anak-anak yang mandiri dan berprestasi,” tambahnya.

Sumber : SuaraSurabaya.net

Baca juga: Lima Pelajar MAN 1 Agam Raih Prestasi Tingkat Nasional

Exit mobile version