Sri Mulyani Siapkan Dana Pemilu 3 Provinsi Baru Papua

Sri Mulyani

Sri Mulyani

tiroe.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani tengah mempersiapkan anggaran pemilihan umum (Pemilu) 2024 untuk tiga provinsi baru di Papua.

Ketiganya adalah Provinsi Papua Selatan dengan Ibukota Merauke, Provinsi Papua Tengah dengan Ibukota Nabire, dan Provinsi Papua Pegunungan dengan Ibukota Jaya Wijaya.”Untuk 3 daerah ini akan ada pasal-pasal yang dikhususkan untuk anggaran,” ujarnya di Gedung DPR RI dikutip dari cnnindonesia.com, Selasa (05/07/22).

Menurutnya, anggaran pemilu perlu ditingkatkan untuk tiga provinsi baru di Papua.  Sebab, pemerintah pusat menilai APBD Papua tidak cukup untuk dibagi ke tiga provinsi baru ini.

“Kita bisa lihat dari sisi APBD-nya untuk dipecah menjadi 3 juga tidak memadai untuk penyelenggaraan Pemilu tadi,” kata dia.

Namun, pos APBN yang akan digunakan untuk penambahan anggaran belum ditetapkan. Terlebih, saat ini pembahasan APBN 2023 masih berlangsung dan APBN 2024 pun belum berjalan.

“Tapi kita semua ini masih 2023 dan 2024, APBN-nya kan belum selesai,” kata dia.

Sebelumnya, pemerintah melalui KPU dan Komisi II DPR RI telah menyepakati anggaran pemilu sebesar Rp 76 triliun untuk periode persiapan 2022 hingga pelaksanaan pemilu 2024. Namun, Sri Mulyani mengatakan anggaran tersebut masih akan dipelajari.

“Kan Rp 76 triliun nya masih dilihat lagi gitu ya. Jadi kita lihat semuanya nanti,” pungkasnya sembari berlalu.

Baca juga :Sejarah Singkat Hari Bhayangkara Ke76 

Exit mobile version