Khofifah Lepas Atlet Jawa Timur ke SEA Games 2021

Khofifah Lepas Atlet Jatim ke SEA Games 2021

Khofifah Lepas Atlet Jatim ke SEA Games 2021

Gubernur Jawa Timur Khofifah melepas atlet dan pelatih Jawa Timur kontingen Indonesia  untuk SEA Games 2021 yang diharapkan bisa mengharumkan nama bangsa.

Dalam siaran persnya, Khofifah dalam pelepasan di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (26/4/2022), berpesan agar atlet Jawa Timur bisa meraih emas. Saat ini, Jawa Timur masih menjadi tulang punggung multi-event internasional Indonesia.

Pada SEA Games 2022 ini, Jawa Timur akan mengirimkan total 71 atlet dan 19 pelatih untuk memperkuat Merah Putih. Atlet dan pelatih asal Jawa Timur akan tampil di 19 cabang olahraga (Cabor).

Indonesia secara resmi akan mengirimkan 476 atlet dari 31 cabang olahraga di multi event yang akan digelar 12-23 Mei mendatang. Dibandingkan dengan jumlah atlet pada SEA Games 2019 Filipina yaitu 841 atlet dari 52 cabor, maka tim Indonesia untuk SEA Games Vietnam mengalami penurunan 43,4 persen.

Pada SEA Games 2019, Jawa Timur mengirimkan 119 atlet dan 29 pelatih. Dalam momen pelepasan tersebut, Khofifah memanfaatkannya untuk membangkitkan semangat seluruh atlet yang berencana berangkat ke Hanoi, Vietnam pada 9 Mei mendatang.

“Kalau pelatih, dan official bersatu dengan atlet, Insya Allah semua semangat 45. Semangat pantang menyerah, harus berjuang demi Merah Putih,” ujar Khofifah.

“Atlet dari Jawa Timur harus bisa mengibarkan bendera merah putih dan kumandangkan Indonesia di sana, raihlah medali emas sebanyak-banyaknya dan membuat Indonesia bangga di mata dunia lewat prestasi kalian. Saya yakin Jawa Timur mampu,” ujarnya.

Menurut Gubernur Khofifah, olahraga adalah salah satu cara untuk menumbuhkan nasionalisme. Setiap atlet akan dilatih dan dibina untuk memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

“Saat kita memasuki SEA Games, maka Garuda di dadaku, da kita kibarkan Merah Putih setinggi-tinggi nya,” tegas Khofifah. Dalam kesempatan ini, Gubernur juga memberikan bingkisan kepada para atlet dan pelatih yang berangkat ke Vietnam.

Sementara itu, Ketua KONI Jawa Timur Muhammad Nabil berpesan agar utusan Jawa Timur di kontingen Indonesia tampil ngeyel, dan memberikan yang terbaik di SEA Games 2022. Buktikan kalau atlet Jawa Timur layak jadi andalan.

“Harus menang! Harus meraih medali emas! Semangat itu harus tertanam di dada. Jangan pernah menyerah,” seru Nabil.

Nabil optimis Jatim masih tetap menjadi peraih medali emas terbesar Indonesia. Medali emas disumbangkan oleh atlet dari Jawa Timur.

Atlet Jatim menyumbangkan 26 medali emas pada SEA Games 2019 di Filipina. Masing-masing membawa 19 medali perak dan perunggu.

Di Filipina, Indonesia meraih 72 emas, 84 perak, dan 111 perunggu. Di Asian Games 2018 saja, atlet Jawa Timur menyumbang 12 dari 31 medali emas Indonesia.

Exit mobile version