Dubes RI Bangga, Anak Bangsa Raih ‘Hassan Jiddan’ di Kampus Tertua di Dunia

alah satu tugas atau fungsi perwakilan RI di luar negeri adalah menjalin silaturahim dengan masyarakat Indonesia. KBRI Tunisia pun memberikan apresiasinya kepada anak bangsa yang menorehkan prestasi di bidang akademik.

Namanya Ahmad Khalilurrahman Abdul Qadir, salah satu mahasiswa Indonesia asal Madura. Ia adalah mahasiswa S2 Syari’ah wal Qanun, Universitas Zaitunah Tunisia.

Tesisnya yang berjudul “Abu Al-Abbas Ibn Suraij Wa Atsaruhu Al -Fiqhiyyah fi al-Mu’amalat” (Studi analisis ijtihad-ijtihad Ibnu Suraij dalam bab muamalat), ia mampu ujian di hadapan dua profesor penguji dan seorang pembimbing pada 4 April 2022. Dia pun lulus dengan peringkat “Hassan Jiddan” (cumlaude), seperti dikutip laman Kemlu.go.id, Senin (11/4/2022).

 

(kemlu.go.id)

Ada yang istimewa dalam sidang tesis kali ini. Sidang tesis Khalil berlangsung cepat dan tidak seperti sidang-sidang pada umumnya. Khalil dikatakan mampu menjawab secara akurat dan tepat berbagai pertanyaan yang diajukan oleh penguji.

Umar bin Umar, selaku pembimbing tesis, mengakui bahwa Khalil memang mahasiswa yang ulet dan sungguh-sungguh. Menurut sang profesor, Khalil selalu memperhatikan dan mengikuti apa yang disarankan untuk menyempurnakan tesisnya. Jadi, Khalil layak mendapatkannya.

(kemlu.go.id)

Dubes Indonesia untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi, yang hadir dalam persidangan mengungkapkan rasa bangganya. “Satu lagi mahasiswa Indonesia berhasil mengharumkan nama Indonesia di kampus Islam tertua di dunia,” katanya.

Exit mobile version