Panglima TNI Tegaskan TNI dan Polri Bantu Fasilitas Isoter di Setiap Wilayah

Jakarta, Beritasatu.com – TNI dan Polri memiliki komitmen yang kuat untuk ikut membantu penanganan pandemi Covid-19. TNI dan Polri memiliki tugas melaksanakan pelacakan kontak erat, vaksinasi, dan pembagian obat serta menyiapkan fasilitas isolasi, baik isolasi mandiri (isoman) maupun isolasi terpusat (isoter) yang pengawasannya dilaksanakan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat meninjau pelaksanaan Isoter di Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (25/7/2021). Dalam kunjungan itu, Panglima TNI didampingi Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito, Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto, dan Pangkogabwilhan II Marsdya Imran Baidirus.

Dikatakan, TNI dan Polri juga didiberikan tugas untuk melaksanakan pendampingan dalam rangka pelacakan kontak erat, karena hasil berdasarkan hasil evaluasinya selama ini pelacakan kontak erat masih kurang. “Oleh sebab itu, dalam pelaksanaan pelacakan kontrak erat, pelaksanaannya akan dibantu oleh TNI-Polri sampai ke wilayah perkampungan atau pedesaan,” kata Panglima TNI.

Marsekal Hadi juga sudah memerintahkan kepada para Babinsa dan Bhabinkamtibmas bahwa jika ada kasus konfirmasi positif segera dilakukan pelacakan sebanyak 15 orang. “Dari hasil pelacakan tersebut, bila ada yang dinyatakan reaktif, maka harus segera dilaksanakan isolsai terpusat atau karantina,” ujarnya.

Sampai saat ini warga masyarakat yang melaksanakan isolasi di rumah dinas Wali Kota Semarang, yang dijadikan tempat sebagai isoter, sebanyak 297 orang. Mereka adalah warga yang terkan Covid-19 dengan gejala ringan dan sedang.

Sumber: BeritaSatu.com

Exit mobile version