Polri Gelar Tradisi Upacara Pencucian Pataka dan Panji

Jakarta, Beritasatu.com – Mabes Polri menggelar upacara pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata dengan melakukan pencucian pataka atau panji-panji Korps Bhayangkara. Tradisi itu menjadi momentum untuk introspeksi dan perenungan kepada seluruh prajurit Korps Bhayangkara dalam menjalankan tugasnya melayani masyarakat, serta mengabdi kepada bangsa dan negara.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, upacara pencucian panji-panji Korps Bhayangkara merupakan tradisi yang dilakukan Polri menjelang peringatan HUT Polri pada 1 Juli.

“Upacara pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata merupakan suatu tradisi yang wajib dilaksanakan dengan melakukan pencucian panji-panji Polri yang merupakan simbol untuk mensucikan dan pembersihan diri,” ujar Argo, Rabu (23/6/2021).

Dikatakan, tradisi ini menjadi pedoman dan semangat bagi setiap insan Polri agar tetap memegang teguh kebenaran, melaksanakan tugas pokok melindungi, mengayomi, melayani, dan menegakkan hukum, serta mewujudkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Menurut Argo, tradisi itu juga menjadi momentum untuk introspeksi dan perenungan kepada seluruh prajurit Korps Bhayangkara dalam menjalankan tugasnya. Dengan demikian, kedepannya Polri bisa menjadi lembaga negara yang semakin dicintai oleh masyarakat dalam menjalankan tugasnya menjaga keamanan dan ketertiban di negara ini.

“Agar Polri ke depan dapat menjalankan tugas pokoknya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara profesional,” katanya.

Sumber: BeritaSatu.com

Exit mobile version