15.024 Dites saat Arus Balik ke DKI, 84 Orang Positif Corona

Jakarta, CNN Indonesia — Tes acak atau random swab test dilakukan terhadap 15.024 orang yang hendak menuju DKI Jakarta pada masa arus balik Lebaran, per Selasa (18/5). Hasilnya, 84 warga dinyatakan positif Covid-19.Sedangkan sisanya, atau sebanyak 14.940 dinyatakan negatif dan bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Jakarta.

“Jumlahnya yang positif 84 orang,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di kantornya, Selasa (18/5).

Mereka yang positif itu, sebanyak 46 orang menjalani isolasi mandiri. Lalu, 33 orang dirujuk ke Wisma Atlet dan lima orang dirujuk ke fasilitas kesehatan lainnya.

Disampaikan Yusri, untuk pemudik yang dirujuk ke lokasi lain itu, didasarkan pada alamat yang tertera di KTP.

“Contoh di Tangerang kemarin ada dua yang dinyatakan positif Covid-19 tapi tempat tinggalnya di Tangerang Kabupaten. Sehingga kita berkoordinasi dan memang disarankan untuk menjalankan isolasi di rumah tempat khusus yang disiapkan oleh kantor bupati Tangerang,” tutur Yusri.

Untuk wilayah Jakarta, Polda Metro Jaya telah menyiapkan 14 pos pemeriksaan yang berlokasi ruas jalan tol, jalan arteri, terminal, stasiun, hingga bandara.

Diketahui, Polri tetap melakukan penyekatan hingga 24 Mei mendatang meski Operasi Ketupat 2021 telah usai. Penyekatan ini dilakukan untuk memeriksa para pemudik yang ingin kembali dari kampung halaman.

Secara nasional, total ada 109 titik penyekatan yang tersebar di 26 lokasi jalan tol dan 83 lainnya tersebar di ruas jalan arteri atau nasional.

(dis/arh)

[Gambas:Video CNN]

Exit mobile version